RESEP BOLU KUKUS PELANGI LEMBUT


RESEP DAN CARA MEMBUAT BOLU KUKUS PELANGI LEMBUT. Bolu atau kue bolu (bahasa Inggris: cake) adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis).

Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu acara. Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan peran cake sebagai makanan istimewa dalam berbagai upacara peringatan. Acara pemotongan kue juga sering digantikan acara pemotongan tumpeng.

Cake berukuran besar dengan bentuk persegi empat atau bundar dimaksudkan untuk dipotong-potong ketika dijual atau disajikan. Kue bolu empuk yang digulung dan berisi krim mentega atau selai disebut bolu gulung. Berbagai macam puding juga menggunakan bahan dasar potongan kue bolu yang diletakkan di dasar loyang sebelum disiram dengan agar-agar.

BAHAN :
  • 4 butir telur
  • 120 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt emulsifer (sp/tbm)
  • 120 gr tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sdt baking powder
  • 75 gr santan kental
  • 3 - 4 tetes pewarna merah muda, kuning, dan hijau muda atau sesuai dengan selera.

CARA MEMBUAT KUE BOLU KUKUS PELANGI LEMBUT :
  1. Kocok telur, gula pasir, garam, dan emulsifier hingga mengembang. Lalu tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk perlahan bergantian dengan santan kental.
  2. Bagi 3 bagian. Satu bagian beri pewarna merah muda, satu bagian lagi warna kuning dan satu bagian lagi dengan warna hijau muda. Aduk rata masing-masing adonan. Kemudian masukkan dalam kantung plastik segitiga.
  3. Semprot memanjang masing – masing warna selang seling di loyang setengah lingkaran sedang. Jangan lupa beri alas kertas roti sebelum menyemprot.
  4. Kukus dengan api sedang 20 menit atau hingga matang. Angkat.
  5. Sajikan.

Share
Share
Share
Berlangganan Resep Masukkan Email Valid

RESEP BOLU KUKUS PELANGI LEMBUT