KHASIAT DAN MANFAAT TEMULAWAK (CURCUMA XANTHORRIZA) UNTUK KESEHATAN


KHASIAT DAN MANFAAT TEMULAWAK (CURCUMA XANTHORRIZA)BAGI KESEHTAN MANUSIA DAN BISA JUGA UNTUK KECANTIKAN WAJAH, tanaman obat tradisional ini termasuk familia Zingiberaceae. Temu Lawak atau temulawak tumbuh di daerah ketinggian antara 5 – 750 meter di atas permukaan laut. Dengan mudah dapat ditemui di daerah hutan jati, di tempat yang beralang-alang, atau ditanam di halaman rumah. Untuk pengembangbiakannya sangat mudah dengan menggunakan rimpangnya, yaitu seperempat bagian dari induk rimpangnya. Pilih ukuran rimpang yang besar, dan simpan dalam keadaan kering dalam beberapa hari. Lalu siap ditanam.

Nama lain dari temulawak adalah temu besar (Melayu), koneng gede, temu raya (Sunda), temo labak (Madura), temu putih. Temu Lawak mengandung kandungan minyak asiri, curcumin, glucosida, phellandrene, turmerol, myrcene, xanthorrihizol, isofuranogermacreene, p-tolyletycarbinol.

Khasiat dan Kegunaan TEMU LAWAK (Curcuma xanthorriza) berkhasiat Obat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit dibawah ini :

Obat Sariawan : 1 rimpang temu lawak dicuci, kupas, iris. Direbus dengan 2 gelas air bersama 1 buah asam, sedikit gula aren sampai airnya tinggal setengah. Angkat dari api. Masukkan 1 mata asam, aduk, saring. Diminum 2j kali sehari.

Obat Susah Buang Air Besar : Rimpang diiris-iris, masukkan gula jawa dan asam jawa ke dalamnya, lalu masukkan air mendidih. Minum larutan tersebut. 1 rimpang temu lawak dicuci, parut, lalu diperas. Air perasan diberi sedikit asam jawa dan gula aren, aduk, saring, diminum 1 kali sehari.

Menghilangkan Nyeri Haid : 1 rimpang temu lawak dicuci, kupas, iris. Beri sedikit gula aren dan rebus dengan 1 gelas air. Angkat dari api, masukkan sedikit asam kawa, aduk, saring, diminum sekaligus 1 kali sehari.

Obat sakit maag : Potong rimpang kecil-kecil, rebus sampai airnya mendidih. Minum larutan tersebut.

Untuk menghilangkan bau tak enak sewaktu haid : Rimpang diiris-iris, masukkan gula jawa dan asam jawa ke dalamnya, lalu masukkan air mendidih. Minum larutan tersebut.

Obat Sembelit : Giling rimpang sampai halus, masukkan biji sesawi, lalu beri air. Minum air perasannya. 1 rimpang temu lawak dicuci, parut lalu diperas. Air perasan itu diberi sedikit asam jawa dan gula aren, aduk, saring, diminum 1 kali sehari.

Membersihkan Darah
Iris rimpang temu lawak, jemur hingga kering, seduh dengan air hangat, lalu minum seperti minum teh.

Obat Penyakit Eksim : Masak rimpang temu lawak sebesar telur ayam dan asam kawak sebesar telur merpati dengan 2 gelas air, tambahkan sedikit gula aren. Didihkan, hingga airnya tinggal 1 gelas, saring, minum hangat-hangat. Lakukan setiap hari selama sebulan. 7 iris temu lawak yang sudah dicuci dan dikupas, 1 ruas asam jawa, sedikit gula aren direbus dengan setengah gelas air, setelah agak dingin disaring, dan diminum sekaligus.

Mengobati penyakit kuning (gangguan pada hati/lever), demam malaria, sembelit, serta memperbanyak ASI. Parut rimpang temu lawak, peras airnya, lalu minum. Juga dapat digunakan air rebusan rimpang temu lawak yang telah kering.

Badan yang terlalu capek karena kebanyakan kerja atau sehabis jatuh sakit. Ambil dan bersihkan temu lawak sebanyak 50 gram. Parut rimpang sampai halus, tambahkan air secukupnya, lalu rebus sampai mendidih, dinginkan, lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari, 1 gelas.

Menyembuhkan Hepatitis : Cuci dan kupas 2 jari temu lawak, lalu iris dan rebus dengan 0,5 liter air dan sedikit gula aren sampai airnya tinggal setengah. Larutan ini untuk diminum 2 kali sehari.

Untuk memperbanyak air susu (ASI) : Giling rimpang Temu Lawak, direbus dengan air, masukkan sedikit sagu. Parut 1 rimpang temu lawak yang sudah dicuci, lalu campurkan dengan sedikit tepung kanji dan sedikit air panas. Diaduk, saring, diminum 1 kali sehari.

Obat Sakit Ginjal : 1 rimpang temu lawak dicuci, kupas, rebus dengan 4 gelas air dan segenggam daun kumis kucing, segenggam daun meniran sampai airnya tinggal setengah. Larutan ini untuk diminum 3 kali sehari.

Meredakan Asma : 1,5 rimpang temu lawak dicuci, dikupas dan diiris, rebus dengan 5 glas air bersama sedikit gula aren sampai airnya tinggal setengah. Larutan ini untuk diminum 3 kali sehari.

Meredakan Batuk : 1 rimpang temu lawak dicuci, kupas, parut sambil diberi 1 gelas air matang, peras, beri sesendok teh madu dan air perasan jeruk nipis. Minum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Menghilangkan Bisul : 5 iris temu lawak yang sudah dikupas, rebus dengan 2 gelas air bersama sedikit gula aren, angkat dari api, lalu masukkan seibu jari asam jawa. Setelah agak dingin, saring, diminum sekaligus.

Menurunkan kadar Kolesterol : 1 rimpang temu lawak yang sudah dikeringkan, ditumbuk sampai halus lalu diseduh dengan air. Setelah agak dingin disaring, diminum langsung.

Menambah Nafsu Makan : 2 rimpang temu lawak dicuci, kupas, iris. Rebus dengan 2 gelas air bersama 1/4 lengkuas, 1/2 genggam daun meniran sampai airnya tinggal setengah, saring, munum larutan ini masing-masing 1/2 gelas.

Menghilangkan Bau Badan(BB) : 5 iris temu lawak dicuci, rebus dengan 1/2 gelas air selama 15 menit. Minum airnya 1 kali sehari, sekaligus.

CATATAN :
  • Bagi penderita sakit ginjal sebaiknya tidak minum sari temulawak yang mentah.
  • Baca juga kegunaan Khasiat Kunyit dan Manfaat Kunyit untuk kesehatan