RESEP SAMBAL ROA ENAK KHAS MANADO

CARA MEMBUAT SAMBAL ROA IKAN ASAP ENAK KHAS MANADO. Sambal roa pedas adalah sambal asli yang berasal dari manado. Sambal Roa lengkap dibuat dengan bahan utama ikan asap roa. Konon katanya ikan ini hanya terdapat di Manado makannya sambal ini berasal dari Manado. Kelebihan sambal ini spesial konon katanya bisa tahan lama dan mudah dalam pembuatannya.

Sambal Roa Manado Spesial

Ikan Roa atau Ikan Gepe biasa disebut oleh orang Ternate Maluku Utara adalah Ikan Galafea ikan laut jenis ikan terbang yang dapat ditemui di perairan laut Utara Pulau Sulawesi sampai dengan Kepulauan Maluku. Akan tetapi banyak orang yang menyebutnya dengan nama Ikan Julung-Julung atau dengan nama latin Hemiramphus Brasiliensis.

Ikan Julung-Julung (suku Hemiramphidae)  memiliki ciri khas yang menjadi petunjuk penting, yaitu rahang bawahnya meruncing ke depan, lebih panjang daripada rahang atasnya. Di Alam, Ikan Julung-Julung merupakan mangsa bagi ikan Hiu, ikan Todak, serta ikan Makerel.

Walaupun belum banyak penelitian tentang ikan ini, akan tetapi soal rasa ikan ini (Roa/Galafea/Julung-Julung) sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa keistemewaan dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia bahkan mancanegara. Keistimewaan masakan Ikan Roa adalah sensasi perpaduan rasa ikan laut yang sudah diasapkan dengan rasa pedas yang menjadi ciri khas masyarakat Sulawesi dan sekitarnya, manado, gorontalo, maluku dan makassar.

Bisnis sambal roa ikan asap Istimewa ini sekarang menjamur dalam bentuk instan dikemas di dalam botol dan dipasarkan melalui online internet maupun secara offline di toko-toko dan supermarket, Anda tentu ingin mencoba membuatnya, hanya saja agak sulit menemukan ikan roa ini di luar sulawesi.

BAHAN :
  • 100 g ikan roa asap
  • 2 sdm minyak sayur, untuk menumis
  • 1 buah tomat merah, potong dadu ½ cm
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
BUMBU ROA DIHALUSKAN :
  • 10 buah cabai merah besar
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 buah cabai rawit merah
CARA MEMBUAT SAMBAL IKAN ROA ASAP :
  1. Buang kulit dan tulang ikan roa, suwir-suwir. Haluskan menggunakan food processor.
  2. Panaskan wajan, sangrai ikan roa yang sudah dihaluskan hingga harum. Angkat, sisihkan.
  3. Di dalam wajan bekas menyangrai ikan, panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan ikan roa, aduk rata.
  4. Tambahkan tomat, garam, dan gula. aduk rata. Masak hingga matang dan bumbu meresap ke dalam ikan roa. Angkat.
  5. Sajikan.

Share
Share
Share
Berlangganan Resep Masukkan Email Valid

RESEP SAMBAL ROA ENAK KHAS MANADO