RESEP DASAR ADONAN PUFF PASTRY

Cara Membuat Adonan Dasar Puff Pastry Asli Enak. Tantangan Master Chef kali ini adalah membuat adonan dasar puff pastry yang lembut. Konon katanya membuat adonan bahan dasar kulit puff pastry ini sangat sulit jika ingin mudah beli adonan kulit puff pastry yang sudah jadi langsung beres, mudah dan praktis akan tetapi kita tidak akan mendapat tantangan membuat kue puff pastry ini. Apalagi membuat danish pastry yang renyah lembut dan empuk secara sederhana.


Foto Resep Puff Pastry
Gambar Adonan Dasar Puff Pastry


Puff Pastry adalah salah satu jenis adonan yang menghasilkan kue yang cara membuat mempunyai bentuk lembaran berlapis-lapis. Lembara-lembaran pada puff pastry terbentuk dari percampuran adonan dengan lemak lipat yang biasa disebut dengan korsvet/pastry margarine. Berikut resep lengkap membuat adonan puff pastry dan membuat kuenya.

RESEP ADONAN DASAR PUFF PASTRY


BAHAN :
  • 500 gram Tepung terigu protein tinggi, (Cakra)
  • 300 ml Air
  • 50 gram Mentega
  • 7 ml Air jeruk
  • 300 gram Pastry margarine ( korsvet ), bagi menjadi 3 bagian
  • ½ sdt Garam
  • ½ sdm Baking Powder
CARA MEMBUAT ADONAN PASTRY :
  1. Campur terigu, air, mentega, dan air jeruk, uleni hingga kalis. Diamkan selama 20 menit. Giling adonan dengan bantuan penggilas adonan hingga membentuk persegi panjang.
  2. Ambil 1/3 bagian pastry margarine, lalu oleskan pada 1/3 lembar adonan. Lipat dari bagian yang tidak terlapisi ke tengah, lipat bagian lainnya ke tengah hingga membentuk 3 lapisan. Giling kembali adonan, dan lipat menjadi 3 lapisan berikutnya.
  3. Bungkus adonan dengan plastik dan kain. Istirahatkan adonan dalam lemari pendingin selama 30 menit. Giling dan ulangi hingga pastri margarine habis ( 3 kali )
  4. Adonan siap untuk dibentuk.
  5. Bentuk sesuai selera , juga isi nya bisa kita pilih sendiri seperti keju, pisang raja, sosis, nanas dll
  6. Olesi atasnya dengan kuning telur bisa ditaburi, gula, keju dll
  7. Bakar di dalam oven ± 30 menit.
Hasilnya jadi begini ditaburin gula siap disantap dan boleh juga dijual kalau laku.

Share
Share
Share
Berlangganan Resep Masukkan Email Valid

RESEP DASAR ADONAN PUFF PASTRY