KHASIAT DAN MANFAAT SEMANGKUK SEREAL YANG KAYA SERAT


KHASIAT DAN MANFAAT SEMANGKUK SEREAL YANG KAYA SERAT.  Sereal sarapan (atau sereal) adalah makanan yang umumnya dimakan sebagai sarapan. Makanan ini umumnya dimakan dingin, dan dimakan bersama susu, air atau yoghurt, atau dimakan langsung. Beberapa jenis sereal, seperti havermut, dapat dipanaskan sehingga menjadi seperti bubur. Sereal umumnya dipromosikan sebagai penunjang kesehatan dengan memakan sarapan berserat tinggi. Sereal juga mengandung vitamin dan mineral. Namun ada beberapa sereal yang mengandung kadar gula dalam jumlah yang cukup tinggi. Produk sereal yang paling terkenal adalah corn flakes.

Sarapan pagi dengan semangkuk sereal yang kaya serat adalah salah satu menu sarapan terbaik untuk tubuh karena terdapat banyak manfaatnya untuk kesehatan, disamping baik untuk pencernaan dan jantung, sereal juga bermanfaat untuk mengendalikan hipertensi.

Hasil studi yang dilakukan oleh Imperial College London dan University of Leeds, Menemukan adanya hubungan kuat antara mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat pada sereal dan gandum guna membantu menurunkan resiko terhadap kanker pada usus besar.

Para penelitipun telah menegaskan bahwa, dengan mengkonsumsi serat sedikitnya 10 gram setiap hari secara teratur akan membantu menurunkan resiko terjadinya kanker usus sebesar sebanyak 10%.

Dengan mengkonsumsi semangkuk rutin sarapan dengan sereal setiap hari juga mampu menurunkan tekanan darah 20 persen lebih tinggi dibanding orang yang tidak sarapan pagi dengan sereal.

Para ilmuan dan peneliti juga telah melakukan berbagai riset yang  membandingkan antara faktor usia, berat badan, riwayat diabetes, kebiasaan merokok, olahraga dan konsumsi buah dan sayuran, bahwa pria yang tidak pernah mengkonsumsi sereal sama sekali akan lebih memiliki risiko terkena hipetensi 35 persen lebih tinggi dibanding yang rajin sarapan dengan sereal.

Dengan demikian hasil riset tersebut  menunjukkan bahwa serelia utuh dan kandungan di dalamnya seperti magnesium dan potasium sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, pembuluh darah, dan metabolisme glukosa di dalam tubuh.

Berikut beberapa jenis bahan sereal yang baik untuk tubuh,
  • Beras, Beras dapat dikategorikan sebagai bahan untuk membuat sereal yang paling umum dan populer dikonsumsi di seluruh dunia, terutama di daerah tropis dan subtropis. Beras tidak dapat tumbuh di daerah dingin. Hal ini digunakan sebagai makanan pokok di sebagian besar negara dan restoran di seluruh dunia.
  • Brown Rice atau Beras merah, merupakan varietas padi yang kaya akan vitamin B, khususnya thiamin, riboflavin, niasin dan mineral seperti besi , kalium , fosfor dan magnesium.
  • Jagung, adalah bahan pokok untuk membuat sereal yang terdapat di benua seperti Afrika, Amerika dan bahkan digunakan sebagai pakan ternak di seluruh dunia. Cornflakes adalah salah satu sereal yang kita tahu adalah bentuk jagung yang telah dipipihkan, kemudian Popcorn juga merupakan produk makanan dari jagung yang populer dan telah menjadi camilan favorit untuk segala usia diseluruh dunia.
  • Gandum, sereal yang terbuat dari bahan ini merupakan sereal pertama yang dikonsumsi di daerah beriklim sedang, terutama di Australia , Amerika Utara, Eropa dan Selandia Baru . Gandum adalah bahan utama yang digunakan dalam makanan seperti roti, biskuit, kue kering, bubur, kue, kerupuk, kue dadar, muesli, pie, kue, roti, muffin, donat, saus, dan beberapa sereal untuk sarapan. Gandum ditanam dalam bentuk yang berbeda-beda di seluruh dunia. Beberapa spesies liar gandum sekarang dipelihara dan tumbuh secara luas di zona pertanian tertentu. Beberapa spesies tersebut adalah Spelt, Einkorn (spesies gandum dengan satu butir saja), Emmer, dan Durum (jenis gandum yang digunakan untuk membuat semolina).

Share
Share
Share
Berlangganan Resep Masukkan Email Valid

KHASIAT DAN MANFAAT SEMANGKUK SEREAL YANG KAYA SERAT