KHASIAT DAN MANFAAT BAWANG PUTIH TUNGGAL/LANANG UNTUK KESEHATAN

KHASIAT DAN MANFAAT BAWANG PUTIH TUNGGAL/LANANG UNTUK KESEHATAN. Bawang Putih berkhasiat sebagai obat bagi kesehatan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Bawang putih adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Bawang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur.

Bawang putih adalah tumbuhan sejenis umbi yang sudah dikenal sejak zaman dulu, bawang putih umumnya digunakan sebagai bumbu masak sejak ratusan tahun yang lalu hingga sekarang. Namun seiring dengan majunya ilmu kedokteran serta banyaknya penelitian yang dilakukan terhadap bawang putih membuat kita tahu begitu banyak khasiat yang terkandung dalam tanaman ajaib ini. Berikut beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan yang perlu anda ketahui.

MANFAAT BAWANG PUTIH

Bawang putih digunakan sebagai bumbu yang digunakan hampir di setiap makanan dan masakan Indonesia. Sebelum dipakai sebagai bumbu, bawang putih dihancurkan dengan ditekan dengan sisi pisau (dikeprek) sebelum dirajang halus dan ditumis di penggorengan dengan sedikit minyak goreng. Bawang putih bisa juga dihaluskan dengan berbagai jenis bahan bumbu yang lain.Dan juga dapat digunakan sebagai obat penyakit kutil, caranya : keprek bawang putih ( jangan sampai halus ) lalu tempelkan pada kutil dan ikat yang kuat dengan kain atau plester tunggu sampai 30 menit,jangan terlalu banyak bergerak,maka kulit akan panas dan kutil akan menghitam.Besoknya anda terbebas dari kutil.

KHASIAT BAWANG PUTIH

Bawang Putih selain bermanfaat untuk kulit, kecantikan. Bawang putih mempunyai khasiat sebagai antibiotik alami di dalam tubuh manusia.

Mengontrol berat badan
Berat badan adalah masalah klasik yang dari dulu hingga sekarang menjadi masalah bagi sebagian orang, terkait dengan hal ini ada penelitian yang menggunakan tikus sebagai bahan eksperimennya. Hasilnya tikus yang diberi makan bawang putih mengalami penurunan berat badan, sedang tikus lain yang diberi makan buah lainnya mengalami kenaikkan berat badan.

Meringankan diabetes
Seperti yang telah kami jelaskan pada kesempatan yang lalu bahwa diabetes adalah kondisi dimana gula darah tidak dapat diubah menjadi energi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin dalam kadar yang cukup. Bawang putih diketahui dapat membantu dan merangsang tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak hingga dapat mengubah gula darah menjadi energi dan meringankan diabetes.

Mencegah penyakit kanker
30 persen kaum hawa diperkirakan mengidap penyakit kanker, sedangkan kaum pria sebanyak 50 persen. Jumlah ini tentu sangat menghawatirkan karena kanker merupakan salah satu penyakit yang banyak menyebabkan kematian pada manusia. Untungnya penemuan terkini menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi bawang putih sebanyak 1 atau 2 kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko kanker dua kali lipat dibanding dengan orang yang tidak pernah mengkonsumsi bawang putih dalam setiap minggunya.

Mengurangi bahaya radikal bebas
Radikal bebas merupakan senyawa yang ada dalam setiap tubuh manusia, hal ini baru menjadi masalah serius jika senyawa tersebut menumpuk dalam tubuh. Bawang putih bekerja sebagai antioksidan alami yang dapat mengurangi dan mencegah penumpukan senyawa tersebut.
  
Mengontrol kolesterol
40 persen manusia dewasa tercatat memiliki masalah serius dengan kadar kolesterol yang tinggi. Jika ini dibiarkan maka dapat membentuk plak yang menyumbat peredaran darah dan menyebabkan serangan jantung. Bawang putih sudah terbukti secara medis dapat mengurangi LDL hingga 20 persen.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Jika darah tinggi tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Bawang putih diketahui dapat menurunkan tekanan darah hingga 5 persen, selain itu bawang putih juga diyakini dapat menurunkan resiko stroke pada seseorang hingga 40 persen.

Bawang putih tunggal/bawang lanang (alium sativum linn) mempunyai khasiat 2x lebih hebat daripada bawang biasa.

Kandungan kimia alami Bawang Putih Tunggal dan manfaatnya:
Minyak asiri mempunyai kekuatan anti bakteri dan anti septic. Aromanya yang khas disebut zat alisin. Zat alisin didalam tubuh bisa merusak protein kuman, selanjutnya kuman akan mati. Alisin adalah zat anti biotic alami yang ampuh, bahkan kekuatannya 15 x lipat dibanding anti biotic penisilin. Alisin mempunyai spektrum luas, artinya disamping membunuh kuman penyakit juga bisa melicinkan, mencairkan dan memperlancar bekuan darah.

Keluhan hipertensi, kolesterol, migrain, stroke, bisa disembuhkan dengan bawang putih tunggal. Scordinin dalam bawang putih tunggal meningkatkan kekebalan dan stamina tubuh. Zat saltifine merangsang pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Silenium, enzim anti oksidan yang mencegah dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Sinergi empat zat antara alisin, scordiin, saltifine dan salenium menyembuhkan berbagai macam penyakit.


Kandungan kimia alami lainnya yang terkandung dalam bawang putih per 100 gram pada umumya :

    Sulfur (68 – 128 gram)
    Kalori (95,0 – 124 kal
    Air (64,1 – 72,0 gram)
    Lemak (0,2 – 0,3 gram)
    Protein ( 4,5 – 7,2 gram)
    Fosfor (16 – 122 gram)
    Fe (1,4 – 1,7 gram)
    Karbohidrat (23,4 – 25,8 gram)
    Kalsium (28 – 46 gram)
    Kalium (346 – 382 gram)
    Vitamin (A, B, dan C)

Penyakit yang dapat disembuhkan :
Darah tinggi, kolesterol, jantung, stroke, migran, kanker, flu, kembung, sembelit, sariawan, lemah syahwat, meningkatkan stamina, disentri, tukak lambung, ashma, TBC, broncitis, diabetes mellitus, melicinkan darah, kanker usus, pegal linu, jerawat, sakit gigi, batuk rejan, cacingan, impotensi, infeksi saluran kencing, monilia dan keputihan, wasir/hemoroid, nyeri sendi, menormalkan berat badan, melancarkan pencernaan, memperbaiki syaraf otak, mengurangi rasa sakit saat haid, menghilangkan cairan serosa di dalam rongga perut, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah radang selaput otak belakang.

Meskipun tidak semua orang suka dengan bawang putih karena aroma yang tidak sedap, namun anda masih bisa mendapatkan manfaat bawang putih dengan cara mengkonsumsi suplemen bawang putih.