RESEP KERUPUK GURILEM BANJUR GURIH RASA PEDAS


RESEP DAN CARA MEMBUAT KERUPUK GURILEM BANJUR GURIH RASA PEDAS ENAK. Gurilem adalah camilan khas bandung tepatnya dari daerah Cililin selain itu wajit ternyata Cililin terkenal dengan kerupuk Gurilemnya. kerupuk gurilem renyah ini adalah kerupuk pedas yang bentuknya bulat panjang berbentuk silinder. Rasanya asin pedas dan beraroma jeruk, kami berikan bumbu rahasia sehingga akan membuat anda pengen ngemil terus. Dan yg membuat gurilem yg satu ini istimewa adalah bentuknya bulat panjang besar, tidak berminyak, yang menjadikannya sangat lezat untuk dikonsumsi langsung sebagai cemilan atau pun dijadikan lauk nasi.

Kerupuk Gurilem atau keripik gurilem ini dibuat tanpa proses penggorengan menggunakan minyak, tetapi digoreng diatas pasir yang sudah terlebih dahulu dibersihkan, sama seperti proses penggorengan kerupuk melarat atau kerupuk miskin atau kerupuk pasir dari Cirebon hanya saja kerupuk gurilem bentuknya kecil dan memanjang. Bahan dasar dari kerupuk ini adalah tepung tapioca yang diberi bumbu-bumbu khas kerupuk gurilem. Setelah kerupuk digoreng kemudian dicampurkan dengan bumbu berbagai macam rasa, ada rasa tidak pedas, pedas dan sangat pedas. Berikut resep gurilem banjur yang dilengkapi dengan cara mudah bikin sendiri :

BAHAN :
  • Kerupuk Gurilem rasa asin biasa
  • Cabe rawit
  • Mecin atau penyedap rasa (Vetcin)
  • Bawang Merah
  • Cikur
  • Garam secukupnya

CARA MEMBUAT KERUPUK GURILEM BANJUR GURIH RASA PEDAS ENAK  :
  1. Masukkan Kerupuk Gurilem ke dalam plastik. pertimbangkan banyak kerupuknya sesuai dengan harga yang akan di jual per kerupuknya.
  2. Untuk Membuat kuah nya. Masukkan cabe rawit sesuai selera kedalam tempat penggilas bumbu masak (Kalau dalam bahasa sunda namanya Coet )
  3. Lalu masukkan cikur sedikit aja jangan banyak-banyak. Setelah itu tambahkan garam dan mecin sesuai selera. Gilas sampai mencampur semua bumbunya
  4. Sesudah di gilas, Tambahkan air panas secukupnya. Setelah di campur air panas boleh di coba dulu rasa kuah nya. kalau ada yang kurang boleh di tambah bumbunya
  5. Iris-iris bawang merah secukupnya. lalu goreng sampai kekuning-kuningan. Tapi awas jangan gosong. setelah matang lalu taburkan ke dalam kuah tadi.
  6. Masukkan kuah ke dalam kerupuk gurilem tadi secukupnya

Share
Share
Share
Berlangganan Resep Masukkan Email Valid

RESEP KERUPUK GURILEM BANJUR GURIH RASA PEDAS