MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN PARE UNTUK KESEHATAN

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Buah Pare Bagi Kesehatan. Semua orang pasti sudah tahu atau akrab dengan buah yang bernama Pare atau Paria ini. Tapi akan kah kita tahu bahwa buah pare mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. Selain menambah gizi untuk tubuh, juga berhasiat untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Baik daunnya, buahnya maupun akarnya semua dapat dimanfaatkan untuk tubuh kita.

Tanaman Pare atau Paria ini tumbuhnya menjalar dan merambat. Daunnya berbentuk enjari, dan bunga berwarna kuning. Permukaan buahnya berbintil2 dan rasa buahnya pahit. Namun dibalik rasa pahit itu tersimpan sejuta manfaat untuk kesehatan.

Beberapa zat kimia yang terkandung dalam tanaman pare antara lain :
  • Buah : Mengandung albiminoid, karbohidrat,dan zat warna.
  • Daun : Mengandung momordisina, momordina, karantina, resin dan minyak lemak.
  • Akar : Mengandung asam momordial dan asam Oleanolat.
  • Biji : Mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid dan asam momordial.
Daunnya berkhasiat untuk :
  1. Melancarkan pengeluaran ASI. Caranya :Siapkan 2 lbr daun pare segar,panaskan diatas api beberapa saat,lalu kompreskan pada payudara.Pengompresan ini dimaksudkan untuk melancarkan pengeluaran ASI.
  2. Menyuburkan rambut. Caranya : Sediakan beberapa helai daun pare segar,cuci bersih lalu remas2.Oleskan pada kulit kepala.
  3. Meredakan batuk. Caranya : Ambil 7 lbr daun pare segar,lumatkan,dan tambahkan 2 sdm air matang.Setelah itu peras dan saring.Minum air perasannya 2 kali sehari.
  4. Menghilangkan bekas luka .Caranya : Cuci bersih segenggam daun pare segar,lalu lumatkan.Tambahkan air panas sedikit,peras.Campur air perasan dengan 2 sdm tepung beras,aduk sampai rata.Borehkan pada bagian bekas luka,Setiap hari.
  5. Mengobati Wasir. Caranya : Ambil 5 daun pare segar,tambahkan 1/4 gelas air.Didihkan,peras dan saring.Ambil 3 sdm air perasan,tambahkan segelas yoghurt cair.Minum setiap hari.
Buahnya berkhasiat untuk :
  1. Penambah ASI. Caranya : Ambil 1 buah pare segar, cuci bersih, rebus sebentar. Makan pare ini sebagai lalapan.
  2. Sembuhkan Diabetes. Caranya :Ambil 2 buah pare, cuci, lumatkan. Tambahkan 1/2 gelas air bersih, aduk dan peras. Minum airnya setiap hari lakukan selama 2 minggu berturut2.
  3. Hentikan Disentri. Caranya : Sediakan 2 buah pare segar, cuci lalu potong - potong. Tambahkan 1/4 air bersih, blender dan peras. Minum ramuan ini 2x sehari.
  4. Hilangkan Bisul. Caranya : Ambil 1 buah pare segar, Lumatkan lalu borehkan pada bagian yang terkena bisul.
  5. Sembuhkan Bronkhitis. Caranya : Sediakan 2-3 buah pare, lumatkan, lalu ambil sarinya. Tambahkan 1 sdm madu, aduk rata. Minum 1x sehari lakukan selama 3 bulan. Selain untuk Bronkhitis resep ini juga baik untuk penderita Anemia, Radang Perut, Sakit pada hati, Nyeri haid, Reumatik dan untuk melangsingkan tubuh juga lho.