RESEP MINUMAN BAJIGUR KHAS JAWA BARAT

Cara Membuat Bajigur Khas Jawa Barat. Minuman hangat atau panas tradisional asli enak selain bandrek adalah bajigur yang ada campuran kopi, santan, gula jawa, garam, vanili, dan biji kolang kaling biasanya minumnya ditemani dengan makanan rebusan, seperti pisang rebus, ubi rebus, kacang rebus, singkong rebus, dll. Acara minum enak ini namanya NGOPI.

Menurut situs wikipedia Bajigur adalah minuman tradisional khas masyarakat Sunda Bandung dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili.


Foto Resep Bajigur Panas Khas Bandung
Gambar Bajigur Bandung

Minuman yang disajikan hangat ini biasa dijajakan bersama Bandrek, kacang rebus, ubi rebus, klepon, dan lain sebagainya dalam satu gerobak. Dalam penyajiannya, kadangkala ditambah dengan sedikit kolang-kaling (atau biasa disebut cangkaleng dalam Bahasa Sunda) yang diiris tipis. Bajigur paling pas untuk dinikmati kala hujan ataupun cuaca dingin.

Seiring dengan perkembangan zaman, Bajigur dibuat dalam bentuk instan berupa bubuk yang tinggal diseduh praktis menggunakan air hangat, tujuannya agar bisa dinikmati secara mudah dan praktis kapanpun dan dimanapun tanpa harus repot-repot membuat Bajigur secara tradisional.

RESEP BAJIGUR BANDUNG ASLI


BAHAN :


  • 5 sdt kopi
  • 1/4 sdt garam
  • 125 cc sirup gula jawa
  • 750 cc santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 bungkus vanili
  • 150 gram buah atep (kolang-kaling), dicuci bersih dan diiris tipis memanjang, direbus hingga matang


  • CARA MEMBUAT MINUMAN BAJIGUR :
    1. Campur kopi, garam, gula jawa dan santan, lalu aduk rata. Kemudian masak campuran ini sambil diaduk-aduk sampai mendidih dengan api sedang. Tambahkan vanili.
    2. Masukkan irisan buah atep yang sudah lunak dan matang. Aduk rata. Angkat dan hidangkan panas-panas dalam cangkir/gelas dengan pisang rebus atau kacang rebus.

    Share
    Share
    Share
    Berlangganan Resep Masukkan Email Valid

    RESEP MINUMAN BAJIGUR KHAS JAWA BARAT